Ratusan Warga Filipina Mengungsi.. |Jurnal | Berita Aktual AKTUAL ++ Ratusan Warga Filipina Mengungsi.. | AKTUAL ++

Jumat, 11 Maret 2011

Ratusan Warga Filipina Mengungsi..


Menyusul gempa dahsyat yang mengguncang Jepang, gelombang tsunami mengancam sejumlah negara termasuk Filipina. Ratusan warga yang tinggal di daerah-daerah pantai di tiga provinsi di Filipina utara telah mengungsi. Mereka pergi menuju dataran yang lebih tinggi.

Badan Institut Vulkanonologi dan Seismologi Filipina atau Philippine Institute of Volcanology and Seismology (Phivolcs) telah menaikkan peringatan tsunami ke level 2. Warga diimbau untuk menjauh dari garis-garis pantai menyusul gempa berkekuatan 8,9 yang mengguncang wilayah Tokyo dan sekitarnya.

"Kami tidak punya jumlah pasti orang-orang yang dievakuasi di provinsi-provinsi Cagayan, Isabela dan Batanes, namun otoritas setempat sudah mulai memindahkan mereka ke tempat aman," ujar Benito Ramos, kepala Phivolcs seperti dikutip Reuters, Jumat (11/3/2011).

Sejumlah warga di Pulau Mindanao, Filipina Selatan juga mulai meninggalkan daerah-daerah pantai yang menghadap Samudera Pasifik.

"Kami mengimbau masyakarat untuk tidak pergi ke pantai-pantai," tutur Bart Bautista, wakil kepala Phivolcs. Dikatakannya, ketinggian gelombang tsunami diperkirakan tidak akan lebih dari 1 meter.

"Kita bisa menelusuri tsunami karena kita punya instrumen-instrumen, namun kami perkirakan gelombang akan melemah saat mencapai pantai-pantai kita," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar